Selasa, 06 Desember 2011

Bumi Makin Panaaaaaass !


Tahukah kamu, slah satu yang menyebabkan bumi makin panas itu adalah karena ditemukannya mesin?
Revolusi Industri
Wajah dunia berubah lebih cepat setelah abad 18, yakni setelah muncul revolusi industri di inggris. Ini ditandakan dengan ditemukannya MESIN ! Sejak menemukan mesin manusa mampu membuat barang dalam jumlah besar secara cepat. Mereka pun lantas berfikir untuk membuat segalanya lebih cepat dengan mesin.
Tidak hanya untuk pabrik mesin juga digunakan untuk kendaraan bermotor,. Padahal mesin2 itu kan perlu bahan bakar minyak bumi. semakin banyak mesin yang digunakan semakin besar pula kebutuhan akan minyak bumi. Nah, sejak itulah manusia mulai berebut minyak bumi, ribet kan kalo udah antrian BBM? kalo nga mau ribett, ayo cepet kurangin pakai mesn2 yang kalo nggak trlalu harus digunain jangan digunain !

Kendaraan penyumbang yang besar

Saat ini jumlah kendaraan di dunia tidak kurang 3 miliar buah. tiap hari kendaraan ini membakar bensin dan solar . Knalpot nya menyemburkan ber ton-ton karbondioksida ke udara, selai ini, asap kendaraan bermotor juga mengandung racun membahayakan bagi tubuh kita, trus gimana cara ngurangin polus karna kendaraan? hmm, banyak2 menggunakan sepeda. delman, trus kalau nggak harusnya tuch pemerintah menggratiskan biaya angkutan umum biar orang2 nga beli  kendaraan pribadi lagi, ;)... :D

Semburan Pembangkit Listrik

Di dunia ini ada ratusan perusahaan pembangkit listrik. Sebagian besar pembangkit itu membutuhkan minyak bumi atau batu bara untuk menggerakkan mesinnya.
Padahal kita menggunakan listrik setiap hari tanpa henti. Berarti perusahaan listrik itu tidak pernah berhenti juga bekerja. Bayangkan berapa bannyak karbondioksida dari proses produksi listrik ini? Menurut sebuah penelitian, 40% karbondioksida di Amerika dihasilkan oleh pembangkit listrik, 30% kendaraan, dan sisanya aktivitas manusia lain.

Bisakah Karbondioksida berkurang ?
Karbondioksida yang kita hasilkan ternyata nggak bisa hilang begitu saja dari lapisan atmosfer. Apalagi kalau karbondioksidanya udah terlanjur masuk dan menyatu dengan atmosfer bumi. Karbondioksida bisa berkurang setelah 50-200 tahun.
Padahal tiap hari miliaran kendaraan, ratusan pembangkit listrik. ribuan pabrik, dan miliaran rumah, terus menerus membakar minyak bumi dan menyemburkan karbondioksida.
Kalo gitu, kapan dong semburan karbondioksida bisa berkurang?

Bergugurannya Para PENJAGA
Sebenarnya bumi memiliki penjaga tangguh yang siap menyerap karbondioksida, yakni pepohonan. Sayang manusia semaunya menebangi pohon untuk berbagai keperluan merekam akibatnya luas hutan yang menjadi paru-paru dunia semakin menyusut, sehingga karbon makin banyak menyebar di udara karna yang menyerapnya dikit.
hmm, sedih banget ya, apa yg mesti kita lakuin dong?
ya ini :
LET'S BE THE GREENERS ! 
:D





1 komentar: